MATERI PELAJARAN (ORGANISASI INTERNASIONAL)

Posted: Selasa, 05 Juni 2012 by Unknown in
0

beikut adalah beberapa penjelasan tentang organisasi internasional


ASEAN
A.    SEJARAH BERDIRINYA ASEAN

ASEAN adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. ASEAN disebut juga sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretaria
t ASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura :

1.
   Perwakilan Indonesia : Adam Malik
2.
    Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak
3.
   Perwakilan Thailand : Thanat Koman
4.
   Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
5.
    Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam

Sedangkan terdapat negara-negara lain yang bergabung kemudian ke dalam ASEAN sehingga total menjadi 11 negara, yaitu :

1.
   Brunei Darussalam tangal 7 Januari 1984
2.
   Vietnam tangal 28 Juli 1995
3.
   Myanmar tangal 23 Juli 1997
4.
    Laos tangal 23 Juli 1997
5.
   Kamboja tangal 16 Desember 1998

B.     ASAS ASEAN

ASEA
N sebagai organisasi kerja sama regional di Asia Tenggara menganut asas keanggotaan terbuka. Ini berarti bahwa ASEAN memberi kesempatan kerja sama kepada negara-negara lain yang berada di kawasan Asia Tenggara, sepeti Timor Leste dan Papua Nugini.

C.     DASAR ATAU PRINSIP UTAMA ASEAN

1)
    Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah                            nasional dan      identitas nasional setiap negara,
2)
    Mengakui hak setiap bangsa untuk penghidupan nasional yang bebas dari campur                   tangan luar, subversi dan intervensi dari luar,
3)
    Tidak saling turut campur urusan dalam negeri masing-masing
4)
    Penyelesaian perbedaan atau pertengkaran dan persengketaan secara damai,
5)
    Tidak mempergunakan ancaman (menolak penggunaan kekuatan) militer
6)
    Menjalankan kerja sama secara efektif antara anggota

D.    TUJUAN ASEAN

1)
    Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan                                kebudayaan dikawasan Asia Tenggara,
2)
    Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati                            keadilan dan tertib hukum,
3)
    Meningkatkan kerja sama yang aktif dalam bidang ekonomi, sosial, budaya,                            teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi,
4)
    Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian,
5)
    Meningkatkan penggunaan pertanian, industri, perdagangan, jasa dan                            meningkatkan taraf hidup,
6)
    Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi-organisasi                        internasional dan regional.

E.     STRUKTUR  ASEAN

* Sebelum KTT Bali 1976
1)
    ASEAN Mininsterial Meeting (Sidang Tahunan Para Menteri).
2)
   Standing Committee(Badan yang bersidang di antara dua sidang Menlu negara                       ASEAN   untuk menangani persoalan-persoalan yang memerlukan keputusan                        para menteri).
3)
   Komite-komite tetap dan komite-komite khusus.
4)
   Sekretariat nasional ASEAN pada setiap ibu kota negara-negara ASEAN.

* Sesudah KTT Bali 1976
1)
   Summit Meeti ng Pertemuan kepala pemerintahan)yang merupakan                                          otoritas/kekuasaan tertinggi di dalam ASEAN.
2)
   ASEAN Mininsterial Meeting (Sidang Tahunan Para Menteri).
3)
   Sidang para menteri lainnya (non-ekonomi).
4)
    Standing Committee.
5)
   Komite-komite.

F.      PELAKSANAAN KTT ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN adalah konferensi puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak KTT ke-7 tahun 2001. Sejak dibentuknya ASEAN tahun 1967, telah berlangsung 11 kali KTT resmi dan 4 KTT tidak resmi.



KTT ASIA AFRIKA            
A.  SEJARAH SINGKAT
Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika kadang juga disebut Konferensi Bandung adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara negara-negara Asia dan Afrika yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. KTT ini deselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, india dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Roeslan Abdulgani. Pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan “kolonialisme” atan “neokolonialisme” Amerika Serikat, Uni Soviet atau negara imperialis lainnya.
Sepulih poin hasil pertemuan ini kemudian tertuang dalam apa yanf disebut “Dasasila Bandung” yang berisi tentang “pernyataan mengenai dukungan
bagi kedamaian dan kerja sama dunia”. Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru. Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.

B.  DASASILA BANDUNG

Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru :
1)
.   Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang     termuat di        dalam piagam PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).
2)
    Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa.
3)
    Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa, besar maupun kecil.
4)
    Tidak melakukan campur tangan atau intervensi dalam persoalan-persoalan dalam       negeri negara lain.
5)
    Menghormati hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri sendiri secara                   individu        maupun secara kolektif, yang sesuai dengan Piagam PBB.

        (a) Tidak menggunakan peraturan-peraturan dan pertahanan kolektif untuk                             bertndak bagi kepentingan khusus dari salah satu negara-negara besar
        (b) Tidak melakukan campur tangan terhadap negara lain.


7)
    Tidak melakukan tindakan ataupun ancaman agresi maupun penggunaan          kekerasan        terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara.
8)
    Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan cara damai, seperti      perundingan, persetujuan, arbitrase atau penyelesaian masalah hukum, ataupun             lain-lain cara damai, menurut pilihan pihak pihak yang bersangkutan, yang sesuai          dengan Piagam PBB.
9)
    Memajukan kepentingan bersama dan kerja sama
10)
  Menghormati hukum dan kewajiban-kewajiban internasional.

C.  GERAKAN NON-BlOK

Gerakan Non-Blok (GNB-Non-Aligned Movement / NAM ) adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari lebih 100 negara yang tidak menganggap dirinya beraliansi dengan atau terhadap blok kekuatan besar apapun.
GNB dibentuk pada tahun 1961 oleh Joseph Broz Tito (Presiden Yugoslavia), Soekarno (Presiden Indonesia), Gamal Abdul Nasser (Presiden Mesir), Pandit Jawaharlal Nehru(Perdana Menteri India), Kwanw (Presiden Ghana) dan negara-negara lain yang tidak ingin beraliansi dengan negara-negara adidaya perserta Perand Dingin bersama.

Tahun dan tempat pertemuan-pertemuan KTT Gerakan Negara-Negara Non-Blok :
1)
    Beograd (September 1961)
2)
    Kairo (Mesir) 1964
3)
    Lusaka (Tanzania) 1969
4)
    Aljazair 1973
5)
    Kolombo (Sri Lanka) 1976
6)
    Havana (Kuba) 1979
7)
    New Delhi (India) 1983
8)
    Harare (Zimbabwe) 1986
9)
    Beograd (Yugoslavia) 1989
10)
  Jakarta (Indonesia) 1992
11)
  Kolombia 1995
12)
  Cairo (Mesir) 1998
13)
  Malaysia (Februari 2003)

D.  TUJUAN GERAKAN NON-BlOK
1)
    Mendukung perjuangan dekolonialisasi dan memegang teguh perjuangan         melawan imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme apartheid dan        zionisme.
2)
    Wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang.
3)
    Mengurangi ketegangan blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan blok       Timur yang dipimpin oleh Uni Siviet (Rusia)
4)
    Tidak membenarkan usaha penyelesaian sengketa dengan kekerasan senjata.

PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA (PBB)
A.  SEJARAH SINGKAT
Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Beberapa pertemuan sebelum terbentuknya PBB :
      Tanggal 30 Oktober 1943, di Moskow dilahirkan deklarasi Moskow tentang    keamanan umum yang ditandatangani oleh Inggris, USA, Rusia, Cina yang             mengakui pentingnya organisasi internasional perdamaian dunia.      
      Tanggal 21 Agustus 1944, di Washington DC dilangsungkan konferensi          Dumbarton Oaks        (Dumbarton Oaks conference) yang diikuti 39 negara yang       membahas tentang rencana mendirikan PBB. Pada pertemuan Dumbarton      Oaks, Washington DC, tanggal 21 Agustus - 7 Oktober 1945, dipersiapkan    Piagam PBB.
      Piagam PBB ditandatangani di San Fransisco tangaal 26 Juni 1945dan mulai   berlaku tanggal 24 Oktober 1945.
      Sejak didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 191 negara             telah menjadi anggota PBB. Hingga Juni 2006 sudah ada 192 anggota PBB.


Negara Indonesia masuk pertama kali menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950, kemudian keluar pada tanggal 7 Januari 1965 dan masuk kembali pada tanggal 28 September 1966.

B.  TUJUAN ORGANISASI PBB

1)
    Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
2)
    Mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa .
3)
    Menciptakan kerja sama dalam memecahkan masalah internasional dalam bidang        ekonomi, sosial-budaya dan hak asasi.
4)
    Menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama cita-cita      diatas.

C.  ASAS ORGANISASI PBB

1)
    Berdasarkan persamaan kedaulatan dari semua anggotanya.
2)
    Semua anggota harus memenuhi dengan ikhlas kewajiban-kewajiban mereka   sebagaimana tercantum dalam Piagam PBB.
3)
    Semua anggota harus menyelesaikan persengketaan-persengketaan internasional          dengan jalan damai tanpa membahayakan perdamaian, keamanan dan keadilan.
4)
    Dalam hubungan-hubungan internasional semua anggota harus menjauhi          penggunaan ancaman atau kekerasan terhadap orang lain.








D.    STURKTUR ORGANISASI PBB

Organ utama PBB
 yaitu Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwakilan, Mahkamah Internasional dan Sekretariat.


Bagan Struktur Organisasi PBB :

      Majelis Umum
       Majelis Umum PBB atau Sidang Umum PBB adalah salah satu dari enam badan         utama PBB. Pertemuan pertama diadakan pada 10 Januari 1946 di Hall Tengah Westminster di London dan anggotanya wakil dari 51 negara.

Tugas dan kekuasaan Majelis Umum sanagt luas, yaitu sebagai berikut :
1)
    Berhubungan dengan perdamaian dan keamanan internasional,
2)
    Berhubungan dengan kerja sama ekonomi, kebudayaan, pendidikan kesehatan            dan perikemanusiaan,
3)
    Berhubungan dengan perwakilan internasional termasuk daerah yang belum    mempunyai pemerintahan sendiri yang bukan daerah strategis,
4)
    Berhubungan dengan keuangan,
5)
    Penetapan keanggotaan,
6)
    Mengadakan perubahan piagam,
7)
    Memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwakilan, Hakim Mahkamah Internasional dan sebagainya.

0 komentar: